Holiday at Karimun Jawa, Indonesia

cara menurunkan kolesterol
5 Cara Menurunkan Kolesterol
December 9, 2011
Cara Menghilangkan Unwanted Chars dan Angka Menggunakan PHP
January 12, 2012

Holiday at Karimun Jawa, Indonesia

2011-12-30 12.58.33 (1)
Sunset at Karimun Jawa

Sunset at Karimun Jawa

Liburan Mantap di Karimun Jawa Island – Sedikit cerita perjalanan Fachrul dari Surabaya – Jepara – Karimun Jawa. Di penghujung tahun 2011 kemarin tepatnya tanggal 27 desember 2011 jam 6 sore,  saya dan teman2 kampus berangkat menuju Terminal Bungurasih Surabaya dengan tujuan Surabaya – Jepara. Kami berangkat menggunakan mobil teman kami (Oplet) yang batal ikut ke Karimun Jawa. Setelah sampai di Terminal, kami sempet nunggu bis indonesia sekitar 30 menit. Harga tiket per orang ke jepara Rp.65.000 termasuk kupon makan  ngiler setelah perjalanan selama 6 jam rombongan kami ditawarin naik becak oleh becak2 di sekitar terminal jepara dan saya sendiri deal dengan harga Rp. 15.000 tapi teman2 ada yang dapet harga Rp. 10.000 tergantung mood dari tukang becaknya kali ya?  komunis

Hari pertama ( 28 des 2011 )

Setelah naik becak kami berhenti dan istirahat sambil ngopi dan makan untuk menunggu keberangkatan kapal pukul 8.00 harga tiket KMP MURIA Rp. 28.500/orang tapi nasib berkata lain angin tidak memungkinkan untuk perjalanan laut, so kita di wajibkan menunggu sampai besok ( ini menjadi hari yang sangat membosankan, sempat terpikir di benak saya untuk pulang lagi ke surabaya ). . . dan akhirnya kita ngobrol2 dengan pemilik warung di dekat dermaga, kita pun ditawarin tempat istirahat yang murah seharga Rp. 20.000/kasur klo ga salah itu memanfaatkan ruang2 dari universitas ane lupa universitas apa. Lumayan lah tempatnya bersih, kamar mandi juga bersih cuman harus pake cream anti nyamuk  tinju klo urusan makan ga perlu kuatir karna banyak makanan disekitar dermaga ini. skip skip..

Sewa Kasur Rp.20.000 Jepara - Karimun Jawa

Sewa Kasur Rp.20.000 Jepara – Karimun Jawa

Hari kedua ( 29 des 2011 )

KMP Muria Karimun Jawa

KMP Muria Karimun Jawa

Jam 8 pagi kami sudah berada diatas kapal KMP Muria cuaca saat ini sangat cerah, skitar jam 9 kapal sudah melaut. Karna saya mabuk laut sekitar jam 10 ane dapet jackpot  monyong dan bertemu dengan salah seorang TL yang ada di dermaga disarankan untuk pindah ke atas kapal biar kena angin dan merasa lebih enak. Akhirnya ane ikutin sarang orang ini, bener2 pemandangan diatas bagus anginnya juga sip. Ane tidur diatas sini dengan beberapa orang yang senasip, eits tapi klo tidur disini ane sarankan untuk pake sunblock atau celana panjang atau sleeping bed soalnya klo ga bakal kepanasan klo cuaca seperti ini ( nasib ane nih pake celana pendek, belum2 kaki udah gosong  nangis ).

Setelah menempuh perjalan sekitar 6 jam ( klo ga salah ini jam 4 sore ) kapal pun sampai di Karimun Jawa, pada pandangan pertama melihat pulau Karimun Jawa yang sangat exotis dan benar2 indah dan pasti akan melepaskan segala rasa lelah di tubuh anda jatuh cinta , ane langsung mengabadikan dengan Galaxy Tab kesayangan ane. Setelah turun dari kapal kami sudah ditunggu oleh pemilih penginapan apung yang bernama Pak Moko teman Shimo. Karna tidak ada kendaraan kamipun naik Pick-up menuju alun2 ( walopun kami naik pick-up jangan kira ini ga bayar ya tarifnya Rp.40.000 nih, mungkin hitungannya Rp.5000/orang ). Sampai di alun2 rombongan kami makan di warung bu ester. disini kami habis sekitar Rp. 13.000/piring  sempoa tergantung ambil lauknya karna disini menerapkan sistem prasmanan. Tidak lama setelah makan kami diantar ke rumah apung naik kapal kecil dengan kapasitas maximal 10-12 orang untuk keamanan, klo ga mau aman ya bisa kok 20 orang  cerutu

Dan saat di kapal pun pastinya saya merekam dan memfoto pemandangan sekitar untuk kenang2an dan arsip di blog ini karna sudah pasti saya ingin berbagi pengalaman traveling ane di blog ini nanti diliat2 ya galerinya  malu . Penginapan Apung kami mungkin paling strategis karna disini merupakan pusat penangkaran Hiu, pastinya wisatawan lainnya juga akan berhenti di penginapan kami untuk berenang bersama Hiu. Pemandangan di pulau apung kami juga sangat bagus, so setelah kami memilih kamar ane langsung nyebur di laut bersama teman2 ane.

Pelabuhan Karimun Jawa

Pelabuhan Karimun Jawa

jatuh cinta wedaan masbro lautnya mantap badan terasa segarr, pas ane udah nyebur terjadi kejadian yang sangat lucu, si Kuncir yang ngakunya bisa berenang pun langsung ikut melompat bersama kami tapi apa yang terjadi? Kuncir nyatanya ga bisa renang  lol Untungnya Shimo dan Suket segera menolong si Kuncir ketepian dan setelah itu kami tertawa terbahak2 bersama  lol sebuah kejadian yang tidak bisa terjadi di kota, benar2 kebersamaan yang tidak terlupakan.

Gaya Sebelum Nyebur - Karimun Jawa

Gaya Sebelum Nyebur – Karimun Jawa

Sunset pun tiba, so kami bergegas untuk mandi dan bersih2. Sekitar jam 7 kami makan malam dengan lauk yang menggiurkan ikan2an laut yang segar, makan dipinggir penangkaran Hiu dengan suara ombak yang exotic dan lagu yang membuat hati damai, jiwa pun terasa segar. .

Setelah makan malam kami menikmati malam yang sejuk di dermaga penangkaran Hiu tempat kami berenang tadi sambil ngobrol2 dan memandangi langit malam. Ini adalah suasana yang sudah lama saya inginkan, memandangi langit malam yang penuh bintang diiringi dengan suara ombak yang tenang. Sebuah cara yang indah untuk menghilangkan rasa stress di otak ane, sayangnya ada yang terasa kurang tanpa membawa sebuah teleskop bintang ane. Sekitar jam 11 malam kami tidur dengan lelap..

Hari Ketiga ( 30 des 2011 )

Pagi yang cerah setelah beristirahat dengan nyaman, saat ini jam 6 pagi saya membangunkan anak2 karna mereka bilang besok pagi2 akan melihat Sunrise di dermaga sambil mancing ikan. Setermos Teh panas sudah disediakan di depan kamar kami. Jam 7 makanan sudah siap, menu pagi ini adalah nasi goreng dan telur ceplok ( sedikit mengecewakan karna kita makan disini harganya Rp. 15.000/orang  bosan  ). Tak lama kemudian sekitar jam 8 kapal sudah menunggu, setelah nego2 harga ternyata harga kapalnya naik Rp. 400.000 Fix karna kata awak kapalnya BBM naik disana, dan pastinya jangan lupa untuk menyewa alat snorkling seharga Rp.25.000 yang telah disediakan oleh pemilik penginapan klo anda punya budget lebih/punya Kamera Underwater ( harga sewa Rp. 150.000 bisa koordinasi dengan pemilik penginapan/kapal ) sebaiknya anda bawa karna anda akan menyesal jika melewatkan pemandangan bawah laut di pulau2 kecil ini.

  megaphone Pastikan sebelum anda bersnorkling ria gunakan alat2 yang sesuai dengan prosedur penggunakan apalagi klo anda tidak bisa berenang. Dan jangan lupa memakai dan membawa Sunblock dikapal klo anda ga pengen terlalu gosong seperti saya sekarang ini

Kegiatan kami hari ini snorkling di 4 tempat dibagian barat tapi saya ga tau nama pulau2 kecilnya, yang jelas di pulau pertama adalah pulau yang memiliki pasir putih dan karang terindah daripada pulau yang lainnya. Setelah menikmati snorkling dan foto2 di pulau pertama kami langsung menuju ke 2 untuk makan siang dipulau ini 1 rombongan kapal dikenakan tarif Rp.20.000 sebagai tarif sandar katanya. Disini kami menghabiskan banyak waktu untuk berfoto2 dan makan siang karna disini sepertinya sebagai pusat makan siang karna pulaunya berpasir putih dan bagus untuk menikmati bekal yang dibawa sambil memandangi lautan dan pulau2 disekitarnya. Tapi dipulau ini tidak ada kamar kecil ataupun WC ya, klo anda kebelet boker / pipis ya dipantai ( cari yang sepi ya, klo bisa temen2 ente suruh jagain sekitar biar ga ada orang lewat seperti nasib Oblak boker di air pantai peace  )

Setelah puas berfoto2 dan kenyang, kami melanjutkan perjalanan kepulau ketiga, di pulau ini ada banyak penjual makanan dan snack2 buat anda yg masih haus bisa membeli es De’gan dulu. Pastinya setelah itu Snorkling lagi, karna Coral disini lumayan bagus dan banyak ikan2 kecil yang berenang2 di sekitar anda klo anda jago renang bisa tuh ngejar2 ikannya. setelah capek bersnorkling ria kami mencoba berjalan disisi sebelah kiri pulau ( jangan lupa bawa kamera sob ) dan ternyata  kaget2 pemandangannya luar bisa masbrooo laut yang luas dan karang2 di pinggir pantai tanpa adanya sampah yang ada hanyalah karang2 kecil yang bertebaran di pinggir pantai putih dengan air yang bersih  ngiler sesuatu yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Next.. menuju spot snorkling ke 4, dan pemandangannya jauh berbeda dengan spot snorkling sebelumnya karna disini karang2 tumbuh besar bagai kerajaan laut yang amat kokoh sayangnya hari ini kami belum menyewa kamera underwater so ga bisa ngasih gambaran gimana bentuk keindahannya. Air laut di spot ini rada ‘ababil’ antara dingin dan hangat mungkin ini yang disebut arus bawah laut ya?  Saat ini sunset sudah mulai terlihat, kami menikmatinya di kapal sambil menuju ke penginapan.

Sudah dekat dengan penginapan saya melihat keramaian di penginapan kami, karna banyak wisatawan yang ingin berenang bersama Hiu dan berfoto2 tentunya inilah mengapa saya bilang penginapan kami merupakan tempat strategis, kan lumayan bisa cucimata ngeliat bule2 dan wisatawan cewek masbro swt2 dan saya lihat ternyata ada wisatawan yang memakai banana boat untuk kesini, buat anda yang suka dengan permainan ini mungkin bisa dicoba tanya2 tarif dan caranya menyewa di pemilik penginapan ntar jangan lupa share dimari ya.. hari ini kami ga nyemplung di penangkaran Hiu karna waktu sudah terlalu larut dan kami bersiap untuk bersih2 dan menunggu makan malam. Btw makan malam kita hari ini lumayan lah cumi2 dan sayuran tumis. Kegiatan kami malam ini hanya mengobrol dipinggir penangkaran Hiu sambil mendengarkan musik dan merasa kelelahan setelah seharian bersnorkling.

Jump Style Pantai Karimun Jawa

Jump Style Pantai Karimun Jawa

Hari Keempat ( 31 des 2011 )

Pagi hari jam 6 Shimo dan Oblak sudah terlihat memancing di dermaga, akhirnya untuk menikmati waktu di pagi hari kami memancing ikan di dermaga hasilnya lumayan lah dapet ikan kecil2 yang bisa memuaskan hati kita  senyum setelah makan pagi ( ane lupa menunya apa ) kami bergegas naik kapal, oh ya hari ini kami mendapat tambahan rombongan dari keluarga sebelah kamar kami berjumlah 5 orang dan mereka setuju untuk urunan kapal dan kamera underwater ( lumayan hari ini agak mengurangi budget kapal karna ada tambahan orang ). Tujuan kami hari ini adalah berlayar ditimur pulau karimun jawa.  Tempat pertama yang kami hinggapi bernama Gosong, karna ini adalah pulau pasir yang terlihat saat airnya surut. Disini bagus tapi bukan untuk snorkling, hanya untuk foto2 buat yg suka narsis tempat ini cucok banget.

Tujuan selanjutnya kita menuju spot snorkling dan lagi2 spotnya juga AMAZING!! Coral2 yang tumbuh besar dan indah, dan kami bisa mengabadikannya dengan kamera underwater yang sudah disewa.

Ryan Under Water - Karimun Jawa

Ryan Under Water – Karimun Jawa

Spot ke 3 tidak jauh dari spot ke 2 karna berdekatan dan rombongan kami tidak mau bersandar karna akan menghabiskan budget kami yang pas2an ini so kami makan siangpun juga di kapal. Tampak dari kejauhan terlihat sebuah batu besar yang membentuk seperti pulau, kami menyebutnya dengan pulau batu sayangnya pulau batu bukan termasuk rute perjalanan kami. Setelah makan dan bersnorkling cuaca saat kami disini terlihat mendung dan tidak lama kemudian hujan pun turun jadi saat kami snorkling airnya berombak2 dengan hembusan angin yang kencang. So bergegaslah kami menepi kepulau selanjutnya sekitar 30 menit kami mendarat dipulau kosong tapi dengan air dan pasir yang hangat sambil menunggu hujan reda. Beberapa teman kami yang masih kuat berenang terus berenang sampai hujan berhenti, pulau ini pasirnya sangat halus berwarna kehijau2an klo ane ga salah ( maklum gbsa ngebedain warna  hmm )

Penangkaran Hiu Karimun Jawa

Penangkaran Hiu Karimun Jawa

Kamipun melanjutkan perjalanan ke penginapan karna waktu sudah menunjukkan pukul 4 sore, ini merupakan hari terakhir kami di Karimun Jawa. Sesampai di penginapan beberapa dari kami nyemplung kepenangkara Hiu untuk berfoto2 tapi ane ga nyemplung karna tidak terlalu menarik bagi ane. Saya pun packing barang2 dan mandi. Sambil menunggu makan malam datang kami menghitung2 total biaya yang kami keluarkan sebelum Nota dari pihak pemilik penginapan keluar. Btw makan malam hari ini 4 ikan laut yang segar dan tumisan sayur, Jan JUOSSS iwake!  lol

Setelah makan kami menepi ke Pulau Karimun Jawa diantar pemilik penginapan pak Moko dan menunggu sampai jam 11 di alun2 karimun jawa tepatnya didepan warung bu Ester. Lalu kami jalan kaki menuju pelabuhan, demi menghemat biaya pengeluaran karna budget sudah diambang nol. Tidak lama kemudian kami sampai di pelabuhan terlihat KMP Muria sudah ready, kami pun melihat kembang api di pelabuhan sepertinya disini adalah spot yang paling pas untuk melihat kembang api dari segala penjuru karimun jawa dan tidak lupa juga kami mengabadikannya sebelum masuk ke kapal.

Perhitungan Budget Karimun Jawa Des 2011-Jan 2012 (dibulatkan) :

  1. Bis Indonesia Surabaya-Jepara | Jepara-Surabaya Rp. 65.000 x 2 = Rp.130.000
  2. Becak Pulang Pergi Rp. 15.000 x 2 = Rp. 30.000
  3. Optional: Sewa Kasur ( Hari 1 klo kapalnya delay ) Rp. 20.000
  4. Tiket KMP Muria PP Rp. 30.000 x 2 = Rp. 60.000 
  5. Pick-Up dari pelabuhan ke Alun2 Rp. 40.000 / 8 orang = Rp. 5.000
  6. Penginapan Apung kamar mandi dalam ( 3 malam ) Rp. 90.000 x 3 = Rp. 270.000 ( bisa diisi max 4 orang so 270.000/4 = Rp.67.500)
  7. Sewa Kapal ( Hari Pertama ) Rp.400.000/8 orang = @ Rp. 50.000
  8. Sewa Kapal ( Hari Kedua ) Rp.400.000/13 orang = @ Rp. 32.000
  9. Alat Snorkling 2 Hari Rp.25.000 x 2 = Rp. 50.000 per orang
  10. Kamera Underwater Rp.150.000 / 13 orang = Rp.12.000 per orang
  11. Kapal Kecil PP Rp. 40.000 x 2 = Rp. 80.000 / 8 orang = Rp. 10.000
  12. Makan @Rp.15.000 x 9 = Rp. 135.000
Total Setelah dibulatkan Rp. 600.000
Perhitungan yang ane berikan itu berlaku jika keadaan rombongan anda 8 orang, biaya diatas tidak termasuk snack dan lain2nya.. semoga dengan adanya cerita saya ini anda sudah tidak bingung untuk menentukan berapa kira2 budget yang akan anda keluarkan Jika berangkat sendiri kesana tanpa menggunakan Tour. Karna biasanya harga yang ditawarkan Tour Jauh diatas ini dengan fasilitas yang mungkin dibawah kami, karna berdasarkan cerita dari awak kapal yang kami sewa Tour biasanya menyewa kapal besar dan kapasitasnya melebihi batas standar keselamatan. Ane sarankan klo kesana bawa temen yang sudah pernah kesana dan kenal dengan orang sana karna jadinya akan murah seperti yang ane alamin ini..
Benar2 Liburan Mantap Di Karimun Jawa Island

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.